Langsung ke konten utama

My Pregnancy Journey🤰🏻🤍

 Hi!


Berawal dari kebingungan apa yang harus dilakukan setelah muncul garis dua di testpack, izinkan gue membagikan pengalaman dan pembelajaran agar lebih bermanfaat bagi pembaca blog ini🥰


Let's goo!

Pertama, kalau kalian sudah menikah berarti chance untuk hamil itu besar banget, jadi mulailah konsumsi asam folat (baiknya) 2 bulan sebelum menikah. Itu hal yang gue agak sesali karena dulu gue masih agak gak peduli sama hal kaya gitu (padahal waktu dipelaminan banyak banget ibu-ibu yang salamin sambil bilang abis ini langsung konsumsi asam folat ya, sampe terngiang-ngiang banget), tapi ini bener-bener butuh. 

Asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita dan pria dan mendukung janin berkembang dengan baik. 

Tapi kalau udah terlanjur yaa lakukan secepat yang kalian bisa. Kemarin gue nikah bulan Juli dan membuat planning untuk hamil di 2024, jadi dibulan september 2023 tanpa niat apapun iseng banget beli Prenagen Esensis (Beli Disini) yang rasa Vanilla, rasanya enak kaya susu indomilk yang vanilla, pembelian susu inipun bukan bagian dari promil cuman terngiang-ngiang harus konsumsi asam folat ya salah satunya dari susu ini. 

Kenapa penting buat konsumsi? karena biasanya kita ketahuan hamil itu di week 5/6 dimana janin sudah mulai terbentuk, nah dari week 1-5 ini apakah bisa kita jamin kita udah kasih nutri yang cukup? quotes iklan Prenagen menurut gue ini bener banget.

Awali perencanaan kehamilan dengan persiapan kesehatan reproduksi sebagai "rumah" bagi calon buah hati prenagen esensis membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian calon ibu yang mempersiapkan kehamilan.

Jadi jangan lupa untuk konsumsi asam folat yaa🤍


Kedua, telat haid. Harus apa?


Jadi selama ini gue selalu rajin memantau siklus haid gue, dengan cara download aplikasi bernama "Flo" jadi ketauan apakah bulan ini siklus haidnya normal apa nggak. Sejauh ini siklus haid gue selalu normal, kemarin pas aplikasinya kasih tau telat 2 hari, gue langsung googling-googling tanda hamil wk (karena sempet takut banget) akhirnya beli test pack yang strip dan biasa. Berdasarkan hasil googling hormon HCG paling tinggi itu di urin pertama pagi hari, gue sempet nunda beberapa hari buat ga test, akhirnya hari kelima pas telat gue beranikan untuk test dan hasilnya garis dua. Agak merinding ya, di petunjuk penggunaannya kalau garis dua berarti positif hamil. Gue sampe test 2 hari berturut-turut, 2x pagi 1x malem dan itu semuanya garis terang bukan yang redup. Waktu garis dua gue dan suami cuman tatap-tatapan ini artinya apa? beneran hamil? (karena kita berdua ga pernah tau tuu cara pakai testpack). Sebenernya dari hari ke 2 telat, perasaan udah campur aduk banget gak konsen mau ngapa-ngapain dan masih pada tahap takut hamil😂

Setelah beberapa hari kemudian waktu udah agak tenang, gue coba tanya-tanya sama temen gue yang lagi hamil juga, akhirnya dia meyakinkan bahwa ya gue hamil dan perlu cek ke dokter, di jelasin panjang lebar dan detail sama ibu Rizka jadi agak tenang. Beberapa hal yang ibu Rizka sampaikan:
  1. Saat test pack positif dan haid teratur. Kemungkinan kalau hamil itu baru kantung janin aja. Silakan cek ke dokter kalau penasaran, cuman dokter juga hanya memberi tahu bahwa "Kamu Hamil" dan akan diminta kembali di week 8 apakah kantungnya berkembang atau tidak.
  2. Rizka memberikan pencerahan vitamin-vitamin yang harus dikonsumsi, sebagai suami-istri yang brilian Rizka dan Himan memberikan tabel perbandingan vitamin hamil agar memudahkan pemilihan komposisi yang pas dan dibutuhkan, berikut tabelnya: (semoga bermanfaat, makasih hilmen wkwk)

Ketiga, setelah test pack garis dua positif. Harus ngapain sih?

Saat itu kalau berdasarkan aplikasi gue sudah 5 weeks dan gue menunda untuk cek ke dokter langsung, karena masih agak ga nerima, tapi ya penasaran juga dan jadwal dokter terdekat udah penuh semua jadi gue memutuskan cek di week depan sambil mencari dokter Obgyn yang rekomen. 

Week 5 

Hal-hal yang gue rasain di week 5 itu ngantuk banget tapi susah tidur, muncul garis vertikal di bawah pusar sampai kebawah, udah mulai susah nafas (entah karena udh ada pertambahan massa atau gue yang agak kepikiran sama kehamilan ini), BAK terus-terusan gabisa ditahan dan PD sakit. 

Kontrol Week 6

Di week ini gue baru USG di RSIA Tambak, karena kakak sepupu gue rata-rata kontrol dan melahirkan disana, inipun gue hasil mengingat yang tau saat itu cuman suami dan Rizka aja. Akhirnya Booking di RSIA Tambak hari Sabtu sama Dokter dr. Botefilia Arjunadi, Sp.OG, Subsp. FER, gue booking via whatsapp booking RSIA Tambak, kalian bisa WhatsApp ke nomor 0878-8067-6072 atau via Alodok disini. Sekalian ini gue lampirin jadwal praktek Dokternya. 


Dokter Bote ini ramah, baik, menenangkan, agamis (disambut dengan salam wk) dan detail. Sayangnya beliau ini spesialis fertilisasi atau kesuburan jadi ngantrinya lama bengeeet karena yang lain pada konsultasi promil bukan hanya cek kehamilan, waktu itu gue dateng di jam 16.00 dan gue baru dipanggil jam 19.30an karena beliau laku kerasss. Emang rekomen apalagi buat promil. 

Saat cek saat itu sudah ada kantung janinnya, bukan hanya penebalan dinding rahim, mungkin kalau waktu itu ceknya di week 5 masih penebalan dinding saja. Jadi gak terlalu rugi lah ya. 

Jangan lupa pilih dokter perempuan karena ceknya masih dari transvaginal! gue pribadi sih agak risih ya kalau dokternya cowok soalnya dimasukin alat gitu, udah rasanya kurang nyaman dan kalau yang tindakan cowok gue sangat-sangat gak nyaman. Kira-kira beginilah bentuk USG 6 weeks:



Untuk Vitamin waktu itu gue di resepin Promavit, Microgest (penguat kandungan, gue gatau ada indikasi apa, cuman ya gue minum aja), Asam Folat, Hi-D5000 dan Narfoz 4mg (obat mual karena udah ada bibit mual).

Untuk Biaya disini gue sangat amat kaget wk, selama ini gue ga pernah ngeluarin sepeserpun untuk berobat karena ada asuransi kantor yang selalu cover 100% sayangnya kehamilan ini gak dicover sama asuransi dikantor yang kemarin. 

Total harga cek kehamilan/Obgyn di RSIA Tambak adalah Rp 1.975.200 hampir 2juta satu kali kontrol, dengan rincian:

  • Biaya Dokter : 400.000
  • Biaya USG Transvaginal : 450.000
  • Print USG : 50.000
  • Pendaftaran Pasien Baru : 100.000
  • Buku Rekam medis : 30.000
  • Resep Dokter 945.200 (5 vitamin untuk 2 minggu🙂)

(sebagai referensi karena saat ini gue kalau mau cek ke dokter gue harus tau biaya yang harus gue keluarin berapaan😅)


Week 6

Yang gue rasain di Week 6 ini susah banget BAB, sampe nangis tiap mau BAB susahnya minta ampun, karena selama ini gue sangat lancar BAB ga kepikiran hari-hari susah BAB terjadi dihidup gue. Untungnya pakai closet duduk, ga kebayang kalau pakai closet jongkok sepegel apa karena gue mules tapi gabisa keluar sampe 45 menit-1.5 jam. (saran gue bikin catatan, berapa lama kalian gak BAB dan berapa lama berusaha mengeluarkannnya. Ini yang gue lakuin buat tracker masih normal apa gak).


Week 7-8

Memasuki week menyedihkan🥲 Setiap makan gue pasti muntah, bener-bener gabisa ditahan pasti muntah, jadi gue makan dikitt banget. Belajar dari week 6 yang susah BAB, gue mencoba tips-tips dari dokter buat selalu konsumsi buah naga dan pepaya sama minum air putih yang banyak, jadi di week ini ga terlalu sakit saat BAB tapi kalau gue ga makan buah naga sakit lagi sih. Hari-hari sakit kepala dan pusing, untungnya di week 6 kemarin gue kena layoff jadi memang ditakdirkan untuk istirahat, karena bener-bener gabisa melek dan bangun sakit kepalanya melebihi sakit kepala tipes dulu, melek cuman buat makan dan muntah sisanya dikasur aja rebahan dan memejamkan mata karena gabisa tidur juga, sakit banget. Apalagi dimalam hari makin tersiksa, muntah dan sakit kepala bikin gak bisa tidur plus PD masih sakit banget.  

Tips: 

1. Mengatasi sakit kepala harus rebahan ditempat yang redup bahkan gelap bisa ngurangin sakit kepala, kalau sakitnya gakbisa ditahan bisa minum Panadol yang biru (aman buat bumil kata dokter aku). 

2. Rajin konsumsi buah bit (yang enak dari rejuve sama boost, harganya ga enak si tapi works), buat naikin HB karena salah satu alasan pusing dan sakit kepala, lagi kurang HB atau lagi anemia.

3. PD sakit kompres pake air dingin. Tapi gue gak pake air dingin karena basah, jadi gue beli kompresan buat PD (Beli Disini) ini works kalau lagi sakit PDnya.

4. Susah BAB, konsumsi buah naga 1 buah setiap hari dan buah pepaya. Minum yang banyak! dan keluarkan saat udah waktunya (kaya pas udah diujung itu mempercepat proses, karena kalo mules biasa belum diujung hanya ngabisin banyak waktu di toilet jadi tahan aja sampe udah ga tahan, dia akan keluar pada waktu yang tepat😂


Kontrol Week 8

Di week 8 ini gue kontrol di RSIA Restu Kasih, kebetulan sepupu gue praktek di RS ini dan saat USG udah keliatan babynya🥹 terharuuu banget pas liat di USG ternyata beneran ada bayi didalam rahim ini. sehat-sehat ya nak.



Untuk ke RS ini gue booking lewat Alodokter sama dr. Nuryasni, Sp.OG, cepet banget prosesnya bahkan ga antri karena gue dateng jam set5 mendekati selesai praktek. Jadi secara kontrol lebih nyamann banget, polinya juga ga digabung dengan yang lain, petugasnya ramah-ramah dan dokternya karena gue sudah mengetahui dari mba yasni mau ambil spesialis obgyn sampai sekarang jadi obgyn jadi sangat-sangat worth. 
Kalau untuk biaya sayangnya gue gatau lengkapnya karena biaya dokternya digratisin sama sepupu gue hehe (Alhamdulillah)

Biaya Administrasi : 60.000
Biaya USG Transvaginal : 120.000
Vitamin : tebus sendiri diluar

Vitamin yang dikonsumsi : Promavit, Hi-D5000, Cal95 dan Obat mual yang sangat manjur di gue (emang mahal bwanget si)


Ohiya kalau kalian bookingnya lewat aplikasi RSnya "My Kado" akan ada deposit 550.000 jadi booking via Alodokter aja shay😂

Week 9

Di week ini paling parah banget muntahnya, saat ini makan bisa abis itu muntah yang kaya keran, bener-bener kaya keran yang gabisa ditahan sama sekali jadi yaudah semua yang dimakan jadi keluar lagi. Ya walau gitu gue usahakan untuk makan pasti ada sari-sari yang terserap kan. Setelah gue telisik memang pada week ini lagi on fire hCG ditubuh jadi ya wajar banget mual muntahnya makin parah. Hanya bisa bersabar wkwk

Obat mual harus dikonsumsi kalau gak minum obatnya sebelum makan udah makin parah itu muntah yang dihasilkan hiks. Sempet sekali nangis karena lemes banget karena muntahnya separah itu dan gabisa nyium bau, bayangkan muntahkan bau tapi lu makin muntah kalau lagi muntah🥲

Saat itu gue cuman bisa makan Pagi Sore sama Abuba Steak yang gak muntah, sampe jadi jokes anak gue tau makanan mahal sejak dikandungan. Ohiya gue gak makan nasi dari week 7 makanya agak shock bisa makan pagi sore tanpa dimuntahin sama sekali, tapi ya itu doang abis itu sama aja☺️

Untuk pusing udah agak berkurang karena gue konsentrasi ke muntah-muntahnya jadi udah keburu lemes dan gue bisa langsung tidur jadi ngerasain pusingnya sebentar aja.


to be continued...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Para Pemain Musikal Laskar Pelangi

Pemeran MAHAR  Teuku Rizky Muhammad biasa dipanggil Kiki. Ia lahir di Tangerang pada tanggal 4 Januari 1998, dan kini duduk di kelas 7, SMPN 4 Tangerang Selatan. Kiki punya segudang prestasi di bidang seni yang patut ditiru diantaranya yaitu Juara 1 AFI Junior tahun 2008, Juara 1 Asia Choir Games kategori youth Jazz tahun 2007, Juara 1 lomba Nyanyi Solo di Purwacaraka pamulang tahun 2006, dan masih banyak prestasi lainnya. M. Daffa Eriyanda , alias Daffa, kini duduk di kelas 6, SD BI RBU 01 Pagi. Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Maya Soraya dan Endang Sambe Malaganda ini memang sudah berbakat sejak kecil, daffa sempat menjuarai beberapa kontes bernyanyi dan menari, berperan sebagai Mahar di Musikal Laskar pelangi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan baginya. Gabriel Stevent Damanik , atau Iel, duduk di kelas 8 SMPN 179 Kalisari. Ia lahir tanggal 24 Januari 1998 di Batam. Berperan sebagai Lintang menjadi tantangan tersendiri bagi juara 3 Idola Cilik 1 ini. Iel harus b

BLINK! ★ (girlband baru)

BLINK! adalah sebuah girlband baru yang terdiri atas 5 remaja putri yang cantik dan mempunyai talenta. Mereka yang rata-rata masih duduk di bangku SMP mampu membuat Girlband, hebat kan? yadoong. ohiya BLINK itu kepanjangan dari BLINK: Beautiful, Lovely, Impressed,Nice,Kindly ♥ Mereka Terbentuk Tanggal 23 Juli 2011. Mereka adalah : 1. Alyssa Saufika Umari(Ify), dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Ify Blink : @ify_blink atau @ifyalyssa 2. Sivia Azizah (Sivia/Via), Dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Sivia Blink : @SiviaBlink atau @azizahsivia 3. Ashilla Zahrantiara(Shilla), dia juga finalis Idola Cilik 1 Twitter Shilla : @AshillaBlink 4. Agatha Pricilla(Pricil), Dia adalah pemain Drama Musikal Laskar Pelangi. Twitter Pricil : @PricillaBlink 5. Febby Rastanty (Febby), unknown Twitter Febby : @FebbyBlink Video Blink waktu M&G : Ashilla (M&G BLINK) Pricila (M&G BLINK) SIVIA (M&G BLINK) Febby (M&G BLINK) Video Blink waktu di Fx : Blink at Fx (Dengarkan Curh

my Sweet Seventeen :')

Heloooowww kemaren tepatnya 11 JUNI 2013 gue ber17 tahunan loh :3 yaap waktu yang cukup  buat bikin ktp dan sim A wkwk sim C soalnya udah punya :p lanjut sajaaa ceritanyaa.... awalnya gue bete banget akut parah sama ulangtahun gue tahun ini, loh kan ulang tahun gaboleh dirayain dan ngasih ucapaan selamat? iya emang gaboleh tapi apa salahnya kalo orang itu mendoakan kita? dan niat gue bukan gue pingin diucapin segala macam, cuman dari ulang tahun gue bisa tau mana orang yang masih inget tetang gue dan mana yang udah lupa sama gue? yakan? momen apa lagi yang bisa lo pake buat sekedar basa basi sama temen lama kalo bukan ulang tahun? lulus-lulusan? 3 tahun sekali dong? prestasi? gak banyak bro yang bakalan ngasih congrate dijamin deh. yaa intinya gue selalu nunggu momen gue ulang tahun karena dari situ gue bisa tau mana yang inget tentang gue dan yang lupa. right? inget ya bukan merayakan, bukan:) 11 Juni 2013 saat gue bangun tidur disambut oleh 2 message, 1 whatsapp contac