Langsung ke konten utama

Pengalaman Ikut CPNS 2021 Pemkot Depok

 Heyhoo~


Setelah sekian lama gak posting maupun berbagi pengalaman. here we go again. Tema kali ini tentang pengalaman gue pertama kali ikut CPNS hahaha



Pertama - Pre Pendaftaran (gimana bisa apply),

Awalnya gue gak ada keinginan untuk ikut CPNS sama sekali, gak tertarik. tapi tetiba terbesit untuk "nyobain" biar tau aja kaya gimana sih ujian CPNS itu. Terlebih di grup jurusan kampus banyak yang share tentang CPNS dan jadi omongan di circle kampus. Akhirnya nyari tau tentang CPNS, tapi cuman di websitenya aja https://sscasn.bkn.go.id/ baca websitenya juga gue gak ngerti sama sekali apa bedanya PPPK dan CPNS. waktu itu belum waktunya pendaftaran masih sounding aja. btw sebelumnya bokap gue udah nyariin info terkait CPNS tapi karena gue kaya gak peduli gitu jadi kata beliau "lah kenapa jadi ayah yang ribet nyariin ya" yaudaa akhirnya gue mencari tau dan gue mulai follow instagram yang berbau CPNS, macam @cpnsindonesia.id , @cpnsindonesia , @bkngoidofficial dan mulai cek timelinenya. 


Seinget gue dulu gue apply tanggal 9 Juli 2021 tapi itu cuman isi-isi biasa, masih liat-liat formasi. terus ditanggal 20nya which is H-1 penutupan pendaftaran. gue masih bingung gue mau apply apa, kaya yauda kalo ga ada kesempatan buat ikut yaudahlah ya. etapi akhirnya diperpanjang sampe tanggal 26 Juli 2021. gue akhirnya cari tau formasi buat jurusan gue nih bisa dimana aja, karena anak kampus banyak ngomonginnya buat kementerian ATR, Pertanian sama Pemkab/Pemkot masing-masing jadi gue cari tau itu dan cuman di Kementerian Pertanian yang kualifikasi pendidikan yang dibutuhin Manajemen Sumberdaya Lahan tapi jenis formasinya Lulusan Terbaik dan dibutuhin cuman satu hahaha pupus:)


Yauda akhirnya karena gue ga terlalu ambis untuk ke Kemeterian akhirnya cuman cari based on pendaftaran aja abis udah isi kualifikasi Pendidikan bisa cari instansi dan nanti keluar nih mana yang bisa lu apply. Yauda gue memutuskan untuk ke Pemkot Depok, deket kan dan juga ternyata yang formasi jabatan yang gue apply adalah tempat gue minta izin untuk ambil sampel untuk bahan skripsi, sempet ngobrol juga sama orang sana yang emang literally orang pertanian. satu orang ada yang alumni IPB dan satu lagi alumni ilmu tanah tapi dari Jember kalo gak salah. dalam hati oke ada peluang nih. Akhirnya buka website CPNS Depok. semua info CPNS disana lengkap banget. Akhirnya gue apply untuk formasi jabatan Analis Pangan (Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan | Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikultura | Seksi Pertanian) itu satu-satunya formasi yang bisa gue ambil dan you know? yang dibutuhin cuman satu, iya satu:)  bismillah aja, toh ini cuman nyoba...

Akhirnya gue menyelesaikan pendaftaran ditanggal 24 Juli 2021, semua berkas udah kelar. ada berkas yang harus di tulis tangan, nulisnya gue sampe ngulang dua kali karena ga cukup awalnya satu halaman akhirnya revisi dan bisa selesai satu halaman. gue nulis surat pernyataan sambil diem-diem karena nyokap lagi sering banget ke kamar, jadi setiap ada nyokap gue umpetin. Info tentang kualifikasi apa yang dibutuhin disana bisa cek di link ini. lengkaaaap banget. Untuk berkasnya itu ada:



Awalnya gue bingung sama timeline dan jadwalnya, karena ada perpanjangan buat pendaftaran. Jadwalnya bener-bener jadi bikin bingung karena gak sesuai sama yang udah di share, harusnya tanggal 28 kan udah ada pengumuman hasil seleksi administrasi, nah ini baru awal atau pertengahan Agustus ada hasil pengumumannya udah memenuhi syarat atau belum. Alhamdulillah gue lolos administrasi, awalnya udah hopeless yakali ada yang tau jurusan Manajemen Sumberdaya Lahan kan, untung orang udah familiar atau karena gue masukin berkas penyetaraan jurusan dengan jurusan pertanian lain, entahlah, intinya diberkas ini lolos :")


udah selesai nunggu pengumuman ini, masih ada masa sanggah untuk yang belum lulus tahap administrasi masih ada masa sanggah. Akhirnya akhir September baru muncul jadwal kapan bisa ujian. sebelumnya gue kira ujian ini bakal online karena lagi pandemi wkwkwk polosnya aku. untung waktu itu gue pilih lokasi ujiannya di Depok.


Kedua - Menuju Ujian SKD

Setelah orang-orang mulai riweh ngomongin kapan jadwal ujian, akhirnya gue cek-cek ke web bkpsdm Depok dan udah keluar untuk kapan ujiannya, bisa cek disini. dan gue kebagian ujian disesi paling akhir, 6 Oktober 2021 sesi kedua jam 11.00 - 12.40

Gue baru mempersiapkan ujian ini H-2 gue cari tau soalnya kaya gimana apa aja yang harus dibawa dan dipake. gue hanya cek youtube untuk liat-liat perCPNSan sebenernya H-2 ini gue sempet mikir kayanya gausah ikut deh karena agak effort banget, harus ngeluarin duit buat swab antigen dan naik ojeg ke lokasi ujian karena gak boleh bawa kendaraan. setelah mencoba mempertimbangkan dengan mas katanya ikut aja, pengalaman mahal harganya jangan dibandingin sama materi. yauda akhirnya tes swab antigen dan cek web bkpsdm terkait ujian SKD, di link ini super duper detail dan lengkap step-stepnya, untuk gue yang bener-bener gak kebayang kaya gimana sih ujian. thankss semua pihak bkpsdm kota Depok, kereeen. 

Malemnya nyokap mulai curiga kenapa gue agak riweh dan gue gak bisa bohong, akhirnya gue cerita kalo gue ikut test CPNS, tapi gue udah bilang untuk gak berharap karena Dien gak nyiapin dengan seniat-niatnya, pure banget pingin tau kaya gimana ujian CPNS. akhirnya mama mengerti dan tetap memberikan doa restu.


Ketiga - hari H ujian SKD

Semakin kaget karena jam 8.00 ada pretest recruitment Telkom, makin gak tenang dong gue. Malemnya jam 10 gue udah tidur dan bangun subuh, ibadah, dan langsung mandi pagi abis itu nyiapin ujian telkom. ternyata cuman 15 menit aja ujiannya. setelah ujian jam 9 kurang gue berangkat karena harus udah disana minimal 1 jam sebelum ujian. which is jam 10 gue harus udah disana, gue gatau tempatnya kaya apa, berapa lama waktu kesana akhirnya berangkat jam 9 dari rumah naik grab. Alhamdulillah dapet abang grab yang enjoy jadi agak banyak ngobrol dijalan dan ga begitu tegang plus di doain wkwk siapatau kan doa si abang yang manjur. Terus gue sampe sana jam 9.20 udah mulai rame untuk yang sesi 2 pada nunggu diluar, pas gue cek jadwal sesi satu aja selesai jam 9.40 akhirnya gue cmn nunggu di parkiran depan, gak kenalan sama yang lain karena emang lagi mager aja pdkt sm yang lain. fokus hahaha sedikit foto di lokasi ujian. 


1. Pas masuk ke gerbang disuruh tunjukin kartu ujian
2. Dateng ke meja registrasi untuk tunjukin KTP, Kartu Peserta Ujian dan hasil Swab.
3. Penitipan tas, yang boleh dibawa cuman kartu ujian, KTP sama pensil. gak boleh bawa yang lain, perhiasan, antingpun dicopot, gue ngeh gaboleh bawa perhiasan tapi lupa kalo anting itu include. sampe akhirnya susah buka anting minta tolong sama mbak-mbak terdekat buat copotin karena gue gak pernah lepas anting haha makasi ya mba
4. Cek ke mading buat tau posisi nunggu ada bangku 1-8 nama gue di bangku ke 8 buat nunggu verifikasi data.
5. Verifikasi data, kasih kartu peserta dan KTP ke petugas dan ada face recognition (disini gue agak takut muka gue gak ke detect kaya di foto hiks)
6. Pemeriksaan metal detector sama body checking, abis itu cuci tangan. dan gue sempet ke kamar mandi dulu, gue kirain seketat itu gak boleh ke toilete ternyata boleh ke toilet dan ngantri sama orang yang udah selesai ujian. ternyata tidak seketat ujian SBMPTN
7. Nunggu ditempat yang udah disediain, katanya area steril. disediain minum juga. gue yang hausan akhirnya minum dulu beberapa menit sebelum masuk ruang ujian biar gak haus dan dehidrasi
8. Masuk ruang ujian, dikasih tau cara-cara ngerjainnya. sangat bermanfaat buat gue.
9. Ujian. pas banget adzan zuhur agak kebelah konsentrasi karena ruangannya gerah gak ada ac, mousenya agak ngelag dan rame jalanan.
10. Selesai ujian, nilai langsung keluar setelah menyelesaikan ujian. Alhamdulillah untuk nilainya. ambil tas dan duduk sebentar. ternyata mas dah jemput.
11. Pulangggggggg


Some Tips and Trick dari aku hehe
- Kalo gak punya waktu banyak belajarnya dari youtube aja! its work. 
- Kalo kalian tipikal yang sukanya membaca, bisa cari soal dan pembahasan, jadinya ya tau langsung jawabannya biar gak pusing mikirin jawabannya apa. jangan memusingkan diri mencari contoh soal saja~
- Cari-cari tips dari yang berpengalaman ikut CPNS, aku gak belajar banyak cuman 5 soal belajarnya, lebih ke refreshment aja gue literally lupa ngerjain soal dasar! pembagian campuran aja gue lupa cara ngerjainnya dan gak gue inget caranya gimana. akhirnya soal pecahan campuran gue ngasal jawabnya. dari yang gue pelajarin gak ada yang keluar sih cuman untungnya bekas SBMPTN ternyata masih melekat erat diotak gue haha


- Ketahui jenis-jenis soalnya. jadikan SKD itu ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). sampe di hari H gue aja gak inget itu kepanjangannya apa aja jadi gue ingetnya TKP (test Kepribadian) 

- Some tips and trick dari gue, yang gue cari tahu dan gue terapkan

1. Passing Grade atau ambang batas TWK = 65 poin, TIU = 80 poin, TKP = 156 poin
2. Poin per soal, kalo benar TWK: 5 poin, TIU: 5 poin dan TKP : 1-5 poin (jadi gak ada 0 untuk TKP) dan gak ada sistem minus kalo salah (gak kaya SBMPTN) 
3. Jawab semua soal karena gak ada sistem minus, ngarang aja kalo lu udah give up. tapi ngarangnya juga jangan ngarang banget tetep pake stategi kemungkinan atau mendekati ya.
4. Versi gue ngerjainnya TKP >> TWK >> TIU karena menurut gue TIU butuh waktu agak longgar untuk ngerjainnya, enaknya sistem CAT tetep bisa skip soal. kurang lebih tampilan CAT kaya gini

cuman pas gue soalnya di bagian kiri ada 110 soal

5. Jumlah soal: TWK 30 soal biar lulus berarti harus bener 13 soal, TIU 35 soal harus bener 16 soal, TKP 45 soal harus bener 32 soal. pas udah sampe dimeja ujian gue tulis berapa soal harus bener.
6. Urutan soal: gue ngerjain nomor 66 dulu whichis TKP baru ke nomor 1 dan baru ngerjain TIU
7. Kerjain semua TKP, gue gak ada trick khusus sih cuman yah based on gue gimana kalo di posisikan pada hal tersebut. ada dua soal yang relate sm pekerjaan gue sekarang jadi agak amazed haha
8. Konsentrasi penuh ngerjain TIU karena itu hal yang bisa dikerjain dan pelajarin, kalo TWK kan hafalan, gue sangat lemah untuk menghafal. 
9. Soal TIU mirip sama soal SBMPTN, ada penjumlahan, pecahan, pola, anonim, akronim seinget gue gitu, dan yang gak bisa gue kerjain tuh yang pecahan campuran karena gue lupa banget!
10. Hari H ujian udah gak usah mikirin yang aneh-aneh, relax aja. datang, kerjakan dan lupakan.



Alhamdulillah gue dapet poin 406, agak bangga karena bisa dibilang gue gak belajar!! literally iseng. 

Gue gak tau next stepnya kaya gimana, katanya akan ada perankingan, ya hanya doa terbaik yang bisa dipanjatkan. bismillah...




Cukup sekian sharing gue kali ini, next kalo ada waktu luang lagi gue share apply GPTP Telkom. 

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Para Pemain Musikal Laskar Pelangi

Pemeran MAHAR  Teuku Rizky Muhammad biasa dipanggil Kiki. Ia lahir di Tangerang pada tanggal 4 Januari 1998, dan kini duduk di kelas 7, SMPN 4 Tangerang Selatan. Kiki punya segudang prestasi di bidang seni yang patut ditiru diantaranya yaitu Juara 1 AFI Junior tahun 2008, Juara 1 Asia Choir Games kategori youth Jazz tahun 2007, Juara 1 lomba Nyanyi Solo di Purwacaraka pamulang tahun 2006, dan masih banyak prestasi lainnya. M. Daffa Eriyanda , alias Daffa, kini duduk di kelas 6, SD BI RBU 01 Pagi. Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Maya Soraya dan Endang Sambe Malaganda ini memang sudah berbakat sejak kecil, daffa sempat menjuarai beberapa kontes bernyanyi dan menari, berperan sebagai Mahar di Musikal Laskar pelangi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan baginya. Gabriel Stevent Damanik , atau Iel, duduk di kelas 8 SMPN 179 Kalisari. Ia lahir tanggal 24 Januari 1998 di Batam. Berperan sebagai Lintang menjadi tantangan tersendiri bagi juara 3 Idola Cilik 1 ini. Iel harus b

BLINK! ★ (girlband baru)

BLINK! adalah sebuah girlband baru yang terdiri atas 5 remaja putri yang cantik dan mempunyai talenta. Mereka yang rata-rata masih duduk di bangku SMP mampu membuat Girlband, hebat kan? yadoong. ohiya BLINK itu kepanjangan dari BLINK: Beautiful, Lovely, Impressed,Nice,Kindly ♥ Mereka Terbentuk Tanggal 23 Juli 2011. Mereka adalah : 1. Alyssa Saufika Umari(Ify), dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Ify Blink : @ify_blink atau @ifyalyssa 2. Sivia Azizah (Sivia/Via), Dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Sivia Blink : @SiviaBlink atau @azizahsivia 3. Ashilla Zahrantiara(Shilla), dia juga finalis Idola Cilik 1 Twitter Shilla : @AshillaBlink 4. Agatha Pricilla(Pricil), Dia adalah pemain Drama Musikal Laskar Pelangi. Twitter Pricil : @PricillaBlink 5. Febby Rastanty (Febby), unknown Twitter Febby : @FebbyBlink Video Blink waktu M&G : Ashilla (M&G BLINK) Pricila (M&G BLINK) SIVIA (M&G BLINK) Febby (M&G BLINK) Video Blink waktu di Fx : Blink at Fx (Dengarkan Curh

my Sweet Seventeen :')

Heloooowww kemaren tepatnya 11 JUNI 2013 gue ber17 tahunan loh :3 yaap waktu yang cukup  buat bikin ktp dan sim A wkwk sim C soalnya udah punya :p lanjut sajaaa ceritanyaa.... awalnya gue bete banget akut parah sama ulangtahun gue tahun ini, loh kan ulang tahun gaboleh dirayain dan ngasih ucapaan selamat? iya emang gaboleh tapi apa salahnya kalo orang itu mendoakan kita? dan niat gue bukan gue pingin diucapin segala macam, cuman dari ulang tahun gue bisa tau mana orang yang masih inget tetang gue dan mana yang udah lupa sama gue? yakan? momen apa lagi yang bisa lo pake buat sekedar basa basi sama temen lama kalo bukan ulang tahun? lulus-lulusan? 3 tahun sekali dong? prestasi? gak banyak bro yang bakalan ngasih congrate dijamin deh. yaa intinya gue selalu nunggu momen gue ulang tahun karena dari situ gue bisa tau mana yang inget tentang gue dan yang lupa. right? inget ya bukan merayakan, bukan:) 11 Juni 2013 saat gue bangun tidur disambut oleh 2 message, 1 whatsapp contac