Langsung ke konten utama

Terbaru! Perpanjang SKCK Depok 2022

Hi Guyss..

Berhubung lagi banyak banget kebutuhan SKCK untuk macam-macam keperluan, disini gue mau share sedikit pengalaman perpanjang SKCK di Polres Depok April 2022 (kemarin banget 14 April 2022).


Cerita sedikit, awalnya ga ada niat sama sekali buat perpanjang SKCK, baru terlintas mau perpanjang SKCK jam 01.00 pagi ditanggal 14 April 2022 karena takut gue ga ada waktu kosong lagi libur di weekday. akhirnya gue searching sedikit kalo sekarang udah bisa online. gue cari informasi dan ketemulah web https://skck.polri.go.id/ setelah baca-baca dan menelusurinya ternyata masih harus upload-upload berkas dan ada beberapa formulir yang harus diisi, btw ini kali ketiga gue buat SKCK. pengalaman dari sebelumnya agak bikin amaze. pertama kali buat SKCK itu gue terlalu kaget karena bener-bener birokrasinya gampang banget, gue dateng dan kebetulan lagi gak ngantri. itu prosesnya cepet banget dari ambil formulir, bikin rumus sidik jari sampe jadi kayanya cuman satu jam. yang kedua buat perpanjang emg agak ngantri, itu cuman tinggal kasih berkas, bayar dan tinggal nunggu jadi itu juga kurang lebih satu jam karena ngantri. jadi pengalaman buat berkas paling dimudahkan menurut gue ya disini, berdasarkan pengalaman tersebut gue udah percaya lah ya gausah ribet-ribet upload online. 

BERKAS YANG DIBUTUHIN
  1. Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli
  2. Fotokopi akte lahir atau surat kenal lahir atau ijasah atau surat nikah
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Dokumen Sidik Jari /rumus sidik jari
  5. Fotokopi kartu indentitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP
  6. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 6 (enam) lembar [Kemaren gue tanya 4pcs cukup buat di Depok untuk perpanjang ya] dengan latar belakang merah, foto berpakaian sopan dan berkerah, Foto tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.
  7. Untuk yang perpanjang >> kode booking/pendaftaran yg diperoleh setelah lakukan pengisian daftar riwayat hidup & kartu tik dgn gunakan pc/laptop, ataupun hp/gadget (kemarin gue gak perlu di print, tapi katanya kalo yang ambil kode bookingnya di Web Polri harus di Print yaa karena ada barcodenya, sama kalo di web polri pilihnya kaya dibawah ini yaa untuk pilihan yang Depok, bukan Jawa Barat.

Jadi saran gue mending pake web Polresta Depok aja, akan lebih mudah, gak perlu isi banyak, gak perlu ngeprint dan akan lebih cepat proses antriannya karena satu server.
 


BERANGKAT
The Day, langsung berangkat jam 10 dari rumah, sampe disana kurang lebih jam 11:15 WIB, kalo dulu kan bisa parkir didalem polres yaa, sekarang udah gak bisa, diarahin sama pak polisinya untuk parkir di ujung. gue gatau spesifiknya ujung mana yang official, cmn pas gue menyusurinya ada tukang parkir nawarin parkir dibawah flyover JPO yang menyambungkan Bank BJB dengan kantor Walikota, akhirnya gue parkir disana. btw ini lokasi Polres Kota Depok tinggal klik linknya dan klik "Rute" atau "Direction" dan google maps akan mengarahkan ke lokasi.


DI LOKASI
Awal dateng udah panas, terusssss you know? gilak ngantri banget kaya lagi ngantri sembako gratis, bener-bener nguler banget dibelakang mobil pelayanan putih untuk yang ngantri sidik jari. Langsung gue nimbrung ke dengerin orang yang dikasih arahan sama petugas disana. ternyata eh ternyata harus daftar online, udah hopeless dong guee aduh "harus upload-upload gitu??" tiba saatnya gue yang ditanyain sama petugasnya gue langsung bilang, sebelumnya udah punya SKCK mau perpanjang. Langsung ditanyain udah registrasi online? gue lgsg jawab belum, terus disuruh registrasi online dulu baru boleh masuk. lemes, harus upload sebanyak itu?:") akhirnya gue duduk dan muter otak gue googling-googleing akhirnya muncul web khusus kota Depok buat SKCK. langsung gue meluncur ke web https://polrestadepok.skckonline.id/ . Don't worry kalo ada notifikasi "Your connection is not private" just klik "Advance" and then "Proceed to polrestadepok.skckonline.id (unsafe)" follow image dibawah ini yaa. 


Kalo udah masuk ke webnya kamu bisa langsung klik "Register" nah gue juga gaktau gimana ceritanya tiba-tiba ternyata akun gue udah ada dan lengkap sama record sebelumnya. kalo akun kamu belum ada bisa regis dulu ya, gue gak inget sama sekali apa gue pernah kasih email atau nggak, pokoknya gue masukin email tiba-tiba ada aja gitu. 



kalo udah di Dashboard  >> "Buat SKCK" >> Isi data yang dibutuhin >> Simpan dan Keluar >> nanti di Dashboar akan muncul "Kode Pengajuan"


Kalo udah dapet Kode Pengajuan ini, kamu bakal dipersilahkan masuk untuk antri diloket pendaftaran. Loket Pendaftarannya yaitu Loket 1 (Gambar Pertama) di loket ini kamu harus kasih semua berkas yang dibutuhin dan bayar Rp30.000,- (jangan lupa siapin uang pas, akan membantu mempercepat proses) untuk pembuatan SKCK dan akan dikasih nomer anterian untuk nunggu SKCKnya jadi. jam setengah 12 udah nomer anterian 165 dan gue baru mendapatkan SKCK gue jam setengah 3 which is 3 jam menunggu. tapi kerennya mereka gapake istirahat, jempolan banget petugas SKCK Polresta Depok, judulnya bener-bener totalitas tanpa batas. melayani sepenuh hati, ramah, sigap dan gak pake drama!!! Salut.



Setelah tiga jam menunggu, akhirnya dipanggil dan gue fotokopi 5 lembar untuk di legalisir. didalam gedung udah ada fotokopian juga satu lembarnya Rp1000,- kamu ga perlu capek jalan panas dan nyarinya. kalo disitu rame sebelah kanan gedung juga ada fotokopian, tapi kemarin pas gue lagi rusak, jadi harap mengantri saja yahh yang didalam gedung. untuk proses legalisir ini paling cuman 5 menit aja. sudah selesai bisa langsung pulang. 


FAQ 
  • Q : SKCK itu apa?
  • A :Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat dengan SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan. 

  • Q : Masa berlaku SKCK?
  • A : Masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

  • Q : Kalo buat daftar rekrutment bersama BUMN 2022 pakenya SKCK apa?
  • A : SKCK dari Polres cukup yaa, aku dapet info ini dari twitter dan udah ditanyain ke official FHCI





Semoga informasi dari gue membantu, kalo ada yang mau ditanyain boleh di kolom komentar yaa:)

Stay Healthy!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Para Pemain Musikal Laskar Pelangi

Pemeran MAHAR  Teuku Rizky Muhammad biasa dipanggil Kiki. Ia lahir di Tangerang pada tanggal 4 Januari 1998, dan kini duduk di kelas 7, SMPN 4 Tangerang Selatan. Kiki punya segudang prestasi di bidang seni yang patut ditiru diantaranya yaitu Juara 1 AFI Junior tahun 2008, Juara 1 Asia Choir Games kategori youth Jazz tahun 2007, Juara 1 lomba Nyanyi Solo di Purwacaraka pamulang tahun 2006, dan masih banyak prestasi lainnya. M. Daffa Eriyanda , alias Daffa, kini duduk di kelas 6, SD BI RBU 01 Pagi. Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Maya Soraya dan Endang Sambe Malaganda ini memang sudah berbakat sejak kecil, daffa sempat menjuarai beberapa kontes bernyanyi dan menari, berperan sebagai Mahar di Musikal Laskar pelangi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan baginya. Gabriel Stevent Damanik , atau Iel, duduk di kelas 8 SMPN 179 Kalisari. Ia lahir tanggal 24 Januari 1998 di Batam. Berperan sebagai Lintang menjadi tantangan tersendiri bagi juara 3 Idola Cilik 1 ini. Iel harus b

BLINK! ★ (girlband baru)

BLINK! adalah sebuah girlband baru yang terdiri atas 5 remaja putri yang cantik dan mempunyai talenta. Mereka yang rata-rata masih duduk di bangku SMP mampu membuat Girlband, hebat kan? yadoong. ohiya BLINK itu kepanjangan dari BLINK: Beautiful, Lovely, Impressed,Nice,Kindly ♥ Mereka Terbentuk Tanggal 23 Juli 2011. Mereka adalah : 1. Alyssa Saufika Umari(Ify), dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Ify Blink : @ify_blink atau @ifyalyssa 2. Sivia Azizah (Sivia/Via), Dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Sivia Blink : @SiviaBlink atau @azizahsivia 3. Ashilla Zahrantiara(Shilla), dia juga finalis Idola Cilik 1 Twitter Shilla : @AshillaBlink 4. Agatha Pricilla(Pricil), Dia adalah pemain Drama Musikal Laskar Pelangi. Twitter Pricil : @PricillaBlink 5. Febby Rastanty (Febby), unknown Twitter Febby : @FebbyBlink Video Blink waktu M&G : Ashilla (M&G BLINK) Pricila (M&G BLINK) SIVIA (M&G BLINK) Febby (M&G BLINK) Video Blink waktu di Fx : Blink at Fx (Dengarkan Curh

my Sweet Seventeen :')

Heloooowww kemaren tepatnya 11 JUNI 2013 gue ber17 tahunan loh :3 yaap waktu yang cukup  buat bikin ktp dan sim A wkwk sim C soalnya udah punya :p lanjut sajaaa ceritanyaa.... awalnya gue bete banget akut parah sama ulangtahun gue tahun ini, loh kan ulang tahun gaboleh dirayain dan ngasih ucapaan selamat? iya emang gaboleh tapi apa salahnya kalo orang itu mendoakan kita? dan niat gue bukan gue pingin diucapin segala macam, cuman dari ulang tahun gue bisa tau mana orang yang masih inget tetang gue dan mana yang udah lupa sama gue? yakan? momen apa lagi yang bisa lo pake buat sekedar basa basi sama temen lama kalo bukan ulang tahun? lulus-lulusan? 3 tahun sekali dong? prestasi? gak banyak bro yang bakalan ngasih congrate dijamin deh. yaa intinya gue selalu nunggu momen gue ulang tahun karena dari situ gue bisa tau mana yang inget tentang gue dan yang lupa. right? inget ya bukan merayakan, bukan:) 11 Juni 2013 saat gue bangun tidur disambut oleh 2 message, 1 whatsapp contac