Sabtu, 22 Oktober 2016

Manajemen Sumberdaya Lahan

HALOOO,
semester tiga sudah memasuki babak pertengahan. selasa besok udah UTS (Ujian Tidak Serius) LOL

setelah memasuki  tingkat departemen akhirnya gue bisa menerima segala kenyataan pahit ini, dulu memang pahit mungkin sekarang gue sudah bisa beradaptasi dengan MSL.

Ya, MSL, Manajemen Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

sebagai anak Jakarta Depok gue adalah salah satu yang rada apan sih IPB, Pertanian? hello? lo mau panas-panasan di sawah gitu? gue yakin sih kebanyakan anak Jabodetabek banyak yang berfikiran seperti itu, nyatanya dikit men anak jabodetabek yang bener-beneran.

TAPI, semua sedikit berubah setelah gue menjalaninya.

gue sudah mulai bersyukur gue diterima di IPB, jaman gue masuk adalah Universitas terbaik ke tiga ditanah airr, ya walau yg gue idam-idamkan berada di urutan pertama. ya IPB, Bogor. coba kalo gue diterima di Jogja? Bandung? Solo? sulit untuk pulang jikalau badan rentan ini tumbang.

MSL? gue masih inget dulu bukan gue yang memilih ini, tapi kakak gue.
jangankan tau ini jurusan apa aja ngga. gue udh optimis pasti diterima di Psikologi, namun Allah berkehendak lain, Ia punya rencana yang lebih indah:')

setelah kurang lebih dua bulan berada di depatemen ini, banyak yang membuat gue terkagum-kagum dengan ciptaan-Nya. nan indah dan menyenangkan saat dipelajari. walau sampe sekarang gue rada gimana gitu kalo megang tanah, karena dulu SANGAT dilarang untuk main sama tanah karena dulu sampe kena penyakit kulit LOL
sekarang gue rada bersyukur, walau belum 100% gue menyukai ini seenggaknya 55% gue sudah mulai mencintai ilmunya.

Jadi, disini (Ilmu Tanah IPB) menurut gue beda dari yang lain, BEDA!
disini ada enam divisi atau bagian, yaitu

1. Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan (like Teknik Geologi)
2. Kimia dan Kesuburan Tanah (like Teknik Kimia)
3. Konservasi Tanah dan Air (like Teknik Fisika)
4. Bioteknologi Tanah (like Teknik Lingkungan)
5. Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial (like Katografi dan Pengindraan Jauh di UGM)
6. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (like PWK dan PW di UGM)


You know? disini ada 3 jurusan yang dulu pilih mungkin gue idam-idamkan di univeristas sebelah, yaitu Perencanaan Wilayah (PWK), Pembangunan Wilayah dan Pengindraan Jauh. yang kalo di universitas sebelah gue cuman bisa mempelajarinya satu doang. disini gue dapet tiga-tiganya. disamping itu lo bisa milih minor atau keahlian tambahan, gue insyaAllah ambil minor Arsitektur Lanskap yang dulu juga gue pilih saat UTM tahun lalu. lengkap kan? coba lo bayangkan lo bisa dapet tujuh jurusan disatu jurusan, 7 in 1 men. gue juga yakin kalo orang-orang tau sebenernya ilmu tanah IPB itu kaya gini bisa jadi langsung jadi jurusan terfavorit. sayangnya orang gak tau, jadi ya gue kasih tau. ini namanya ilmu bumi lo bisa nguasain bumi men. lo bisa masuk mana aja.


tapi emang harus tahan dengan banyaknya praktikum, disemester genap (4 dan 6) adalah masa dimana tujuh matakuliah semuanya praktikum, semua laporan dan semua membuang waktu, coba satu sks tapi bisa 6 jam. gelo kan. tapi memang semua yang berbuah manis sulit didapakan bukan?


sampai saat ini gue belum bisa membagi atau memanage waktu 24jam yang diberikan. gue masih keteteran, gue terlalu banyak ambil job atau kepanitiaan (padahal cuman 2) tapi pesta olahraga dan seni ini menyita waktu gue banget. basicly gue bukan orang yang suka dengan kegiatan olahraga gitu-gitu yang rusuh. jadi kurang nyaman dalam menyikapinya. sudah begitu gue menjadi divisi yang namanya sih DDD tapi berubah jadi PM3D, Publikasi Multimedia Dekorasi Design dan Dokumentasi. paling banyak jobnya di sebelum, saat dan sesudah acara hetic. sampai H-3 uts gue pun belum belajar dan laporan gue belum selesai. yaa namanya hidup adalah pilihan ini jadinya pengalaman ajah deh ya.


dengan kesibukan ini gue selalu mencari cara gimana biar gue tetep happy dan enjoy sama semua kegilaan ini.dari dulu hingga sekarang sesuatu yang bisa bikin gua bahagia adalah aa dan belanja. LOL if you know what i mean "aa"


BELANJA, bikin gue happy hahahahaha walau gapunya duit gue tetep happy sekedar liat-liat barang-barang unyu dan kece, atau bahasa kerennya Window Shoping. berhubung Dramaga sangat jauh dengan Kota Bogor yang harus ditempuh selama 40 menit kalo gak macet, gue jadi mager juga mending gue balik kerumah, tapi dilema balik kerumah gue gak bakalan belajar:"')


Jadi, gue memanfaatkan wifi kosan untuk membuat gue happy, salah satu caranya gue main ke halaman Zalora! Olshop fashion gitu, that is what i need. gue udah empat kali beli dari zalora. trusted! so what are you waiting for?



Saat ini belanja bisa dilakukan dimana saja. Buat kamu yang sangat suka belanja online, kamu tidak boleh melewatkan Singles' Day Zalora dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Zalora! 
Zalora Indonesia Manajemen Sumberdaya Lahan MSL IPB Ilmu Tanah ITSL Bogor Happy 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

leave your comment in here!