Langsung ke konten utama

Manajemen Sumberdaya Lahan

HALOOO,
semester tiga sudah memasuki babak pertengahan. selasa besok udah UTS (Ujian Tidak Serius) LOL

setelah memasuki  tingkat departemen akhirnya gue bisa menerima segala kenyataan pahit ini, dulu memang pahit mungkin sekarang gue sudah bisa beradaptasi dengan MSL.


Ya, MSL, Manajemen Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

sebagai anak Jakarta Depok gue adalah salah satu yang rada apan sih IPB, Pertanian? hello? lo mau panas-panasan di sawah gitu? gue yakin sih kebanyakan anak Jabodetabek banyak yang berfikiran seperti itu, nyatanya dikit men anak jabodetabek yang bener-beneran.

TAPI, semua sedikit berubah setelah gue menjalaninya.

gue sudah mulai bersyukur gue diterima di IPB, jaman gue masuk adalah Universitas terbaik ke tiga ditanah airr, ya walau yg gue idam-idamkan berada di urutan pertama. ya IPB, Bogor. coba kalo gue diterima di Jogja? Bandung? Solo? sulit untuk pulang jikalau badan rentan ini tumbang.

MSL? gue masih inget dulu bukan gue yang memilih ini, tapi kakak gue.
jangankan tau ini jurusan apa aja ngga. gue udh optimis pasti diterima di Psikologi, namun Allah berkehendak lain, Ia punya rencana yang lebih indah:')

setelah kurang lebih dua bulan berada di depatemen ini, banyak yang membuat gue terkagum-kagum dengan ciptaan-Nya. nan indah dan menyenangkan saat dipelajari. walau sampe sekarang gue rada gimana gitu kalo megang tanah, karena dulu SANGAT dilarang untuk main sama tanah karena dulu sampe kena penyakit kulit LOL
sekarang gue rada bersyukur, walau belum 100% gue menyukai ini seenggaknya 55% gue sudah mulai mencintai ilmunya.

Jadi, disini (Ilmu Tanah IPB) menurut gue beda dari yang lain, BEDA!
disini ada enam divisi atau bagian, yaitu

1. Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan (like Teknik Geologi)
2. Kimia dan Kesuburan Tanah (like Teknik Kimia)
3. Konservasi Tanah dan Air (like Teknik Fisika)
4. Bioteknologi Tanah (like Teknik Lingkungan)
5. Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial (like Katografi dan Pengindraan Jauh di UGM)
6. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (like PWK dan PW di UGM)


You know? disini ada 3 jurusan yang dulu pilih mungkin gue idam-idamkan di univeristas sebelah, yaitu Perencanaan Wilayah (PWK), Pembangunan Wilayah dan Pengindraan Jauh. yang kalo di universitas sebelah gue cuman bisa mempelajarinya satu doang. disini gue dapet tiga-tiganya. disamping itu lo bisa milih minor atau keahlian tambahan, gue insyaAllah ambil minor Arsitektur Lanskap yang dulu juga gue pilih saat UTM tahun lalu. lengkap kan? coba lo bayangkan lo bisa dapet tujuh jurusan disatu jurusan, 7 in 1 men. gue juga yakin kalo orang-orang tau sebenernya ilmu tanah IPB itu kaya gini bisa jadi langsung jadi jurusan terfavorit. sayangnya orang gak tau, jadi ya gue kasih tau. ini namanya ilmu bumi lo bisa nguasain bumi men. lo bisa masuk mana aja.


tapi emang harus tahan dengan banyaknya praktikum, disemester genap (4 dan 6) adalah masa dimana tujuh matakuliah semuanya praktikum, semua laporan dan semua membuang waktu, coba satu sks tapi bisa 6 jam. gelo kan. tapi memang semua yang berbuah manis sulit didapakan bukan?


sampai saat ini gue belum bisa membagi atau memanage waktu 24jam yang diberikan. gue masih keteteran, gue terlalu banyak ambil job atau kepanitiaan (padahal cuman 2) tapi pesta olahraga dan seni ini menyita waktu gue banget. basicly gue bukan orang yang suka dengan kegiatan olahraga gitu-gitu yang rusuh. jadi kurang nyaman dalam menyikapinya. sudah begitu gue menjadi divisi yang namanya sih DDD tapi berubah jadi PM3D, Publikasi Multimedia Dekorasi Design dan Dokumentasi. paling banyak jobnya di sebelum, saat dan sesudah acara hetic. sampai H-3 uts gue pun belum belajar dan laporan gue belum selesai. yaa namanya hidup adalah pilihan ini jadinya pengalaman ajah deh ya.


dengan kesibukan ini gue selalu mencari cara gimana biar gue tetep happy dan enjoy sama semua kegilaan ini.dari dulu hingga sekarang sesuatu yang bisa bikin gua bahagia adalah aa dan belanja. LOL if you know what i mean "aa"


BELANJA, bikin gue happy hahahahaha walau gapunya duit gue tetep happy sekedar liat-liat barang-barang unyu dan kece, atau bahasa kerennya Window Shoping. berhubung Dramaga sangat jauh dengan Kota Bogor yang harus ditempuh selama 40 menit kalo gak macet, gue jadi mager juga mending gue balik kerumah, tapi dilema balik kerumah gue gak bakalan belajar:"')


Jadi, gue memanfaatkan wifi kosan untuk membuat gue happy, salah satu caranya gue main ke halaman Zalora! Olshop fashion gitu, that is what i need. gue udah empat kali beli dari zalora. trusted! so what are you waiting for?



Saat ini belanja bisa dilakukan dimana saja. Buat kamu yang sangat suka belanja online, kamu tidak boleh melewatkan Singles' Day Zalora dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Zalora! 
Zalora Indonesia Manajemen Sumberdaya Lahan MSL IPB Ilmu Tanah ITSL Bogor Happy 



Komentar

  1. Mau tanya aku tertarik bgt masuk jurusan ini th ini, emang itu sering hiking" atau ke luar kota gitu ga ka buat survey jenis" tanah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak dah lolos belom? Aku 57 ni wkwkw kek sender yg dibawahh:))

      Hapus
  2. Kak dah lolos belom? Aku 57 ni hahahahha

    BalasHapus

Posting Komentar

leave your comment in here!

Postingan populer dari blog ini

Profil Para Pemain Musikal Laskar Pelangi

Pemeran MAHAR  Teuku Rizky Muhammad biasa dipanggil Kiki. Ia lahir di Tangerang pada tanggal 4 Januari 1998, dan kini duduk di kelas 7, SMPN 4 Tangerang Selatan. Kiki punya segudang prestasi di bidang seni yang patut ditiru diantaranya yaitu Juara 1 AFI Junior tahun 2008, Juara 1 Asia Choir Games kategori youth Jazz tahun 2007, Juara 1 lomba Nyanyi Solo di Purwacaraka pamulang tahun 2006, dan masih banyak prestasi lainnya. M. Daffa Eriyanda , alias Daffa, kini duduk di kelas 6, SD BI RBU 01 Pagi. Anak kedua dari dua bersaudara pasangan Maya Soraya dan Endang Sambe Malaganda ini memang sudah berbakat sejak kecil, daffa sempat menjuarai beberapa kontes bernyanyi dan menari, berperan sebagai Mahar di Musikal Laskar pelangi akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan baginya. Gabriel Stevent Damanik , atau Iel, duduk di kelas 8 SMPN 179 Kalisari. Ia lahir tanggal 24 Januari 1998 di Batam. Berperan sebagai Lintang menjadi tantangan tersendiri bagi juara 3 Idola Cilik 1 ini. Iel harus b

BLINK! ★ (girlband baru)

BLINK! adalah sebuah girlband baru yang terdiri atas 5 remaja putri yang cantik dan mempunyai talenta. Mereka yang rata-rata masih duduk di bangku SMP mampu membuat Girlband, hebat kan? yadoong. ohiya BLINK itu kepanjangan dari BLINK: Beautiful, Lovely, Impressed,Nice,Kindly ♥ Mereka Terbentuk Tanggal 23 Juli 2011. Mereka adalah : 1. Alyssa Saufika Umari(Ify), dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Ify Blink : @ify_blink atau @ifyalyssa 2. Sivia Azizah (Sivia/Via), Dia adalah finalis Idola Cilik 1. Twitter Sivia Blink : @SiviaBlink atau @azizahsivia 3. Ashilla Zahrantiara(Shilla), dia juga finalis Idola Cilik 1 Twitter Shilla : @AshillaBlink 4. Agatha Pricilla(Pricil), Dia adalah pemain Drama Musikal Laskar Pelangi. Twitter Pricil : @PricillaBlink 5. Febby Rastanty (Febby), unknown Twitter Febby : @FebbyBlink Video Blink waktu M&G : Ashilla (M&G BLINK) Pricila (M&G BLINK) SIVIA (M&G BLINK) Febby (M&G BLINK) Video Blink waktu di Fx : Blink at Fx (Dengarkan Curh

my Sweet Seventeen :')

Heloooowww kemaren tepatnya 11 JUNI 2013 gue ber17 tahunan loh :3 yaap waktu yang cukup  buat bikin ktp dan sim A wkwk sim C soalnya udah punya :p lanjut sajaaa ceritanyaa.... awalnya gue bete banget akut parah sama ulangtahun gue tahun ini, loh kan ulang tahun gaboleh dirayain dan ngasih ucapaan selamat? iya emang gaboleh tapi apa salahnya kalo orang itu mendoakan kita? dan niat gue bukan gue pingin diucapin segala macam, cuman dari ulang tahun gue bisa tau mana orang yang masih inget tetang gue dan mana yang udah lupa sama gue? yakan? momen apa lagi yang bisa lo pake buat sekedar basa basi sama temen lama kalo bukan ulang tahun? lulus-lulusan? 3 tahun sekali dong? prestasi? gak banyak bro yang bakalan ngasih congrate dijamin deh. yaa intinya gue selalu nunggu momen gue ulang tahun karena dari situ gue bisa tau mana yang inget tentang gue dan yang lupa. right? inget ya bukan merayakan, bukan:) 11 Juni 2013 saat gue bangun tidur disambut oleh 2 message, 1 whatsapp contac